Rabu, 31 Oktober 2018

Dana Hibah Untuk Para Bangsawan?

Kehidupan para bangsawan memang terlihat bergelimang kemewahan dengan segala fasilitas kelas satu. Banyak orang penasaran dari mana mereka mendapatkan uang untuk biaya hidup mereka, apakah pajak yang dikumpulkan rakyat Inggris juga dipakai untuk membiayai kehidupan keluarga kerajaan ? 

Setiap Juni, Royal Household merilis sebuah pertanyaan yang merinci data keuangan tiap tahun. Data tersebut mengungkapkan jumlah Sovereign Grant atau uang yang diterima Ratu dari departemen keuangan untuk pengeluaran kerajaan. Anggaran terbaru untuk Grant Sovereign berjumlah 76,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,5 triliun. Jumlah tersebut meliputi uang yang diterima keluarga kerajaan pada 1 April 2017 dan 31 Maret 2018. 

Ada peningkatan sebesar 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 580 miliar dari dana hibah yang diterima tahun sebelumnya, termasuk jumlah yang dialokasikan khusus untuk merenovasi Istana Buckingham. Sebesar 30,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 687 miliar dana hibah yang diberikan untuk perbaikan rutin 10 tahun bangunan penting termasuk kabel listrik, pipa, boiler, dan generator. 

Majalah Vanity Fair pernah memperkirakan sekitar 69 sen dari setiap mata uang pembayar pajak Inggris dipakai untuk mendanai keluarga kerajaan pada tahun 2017 hingga 2018. Meski jumlahnya kurang dari satu dolar, kemungkinan besar akan terus berfluktuasi. Pada tahun 2016 hingga 2017, hanya sekitar  65 sen dari setiap pembayar pajak. Namun, ini bukan berarti para bangsawan menghabiskan semua dana tersebut. 

Rumah tangga kerajaan melaporkan hanya 47,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 900 miliar yang dipakai untuk pengeluaran kerajaan. Sebesar 28,7 juta poundsterling atau Rp 555 miliar dialokasikan untuk Sovereign Grant Reserve, yang dipakai untuk proyek-proyek masa depan, termasuk renovasi Istana Buckingham.

Alasan Gugatan Cerai Yang Dilayangkan Istri Charly van Houten

Rumah tangga dari vokalis Setia Band, Charly van Houten dan sang istri Regina Irawan sedang di ujung tanduk. Regina mengajukan gugatan cerai, namun Charly justru ingin mempertahankannya. Kuasa hukum Charly, Hengky Solihin, mengatakan bahwa selama ini Charly berusaha memperbaiki hubungannya dengan Regina.

"Kalau mereka selalu terlihat berdua, sebenarnya Charly selalu mengejar dimana Regina berada, selalu diikutin demi mempertahankan rumah tangga. Charly berusaha mencari yang terbaik untuk memperbaiki komunikasi," tutur Hengky. Namun menurut penjelasan dari kuasa hukum Regina, Ariyana S Ajishaka, salah satu alasan Regina menggugat cerai Charly karena ketidakjujuran Charly terhadap Regina.

"Salah satu alasannya adalah ketidakjujuran (Charly) sesuai dengan amanah prinsipal, Regina banyak mendapat tekanan dan sebagainya dari pihak Charly. Sudah hilang kepercayaan Regina kepada Charly karena ketidakjujuran Charly," kata kuasa hukum Regina, Ariyana S Ajishaka pada Rabu, 31 Oktober 2018. Saat ditanya soal adanya isu orang ketiga, Ariyana mengatakan, bahwa Regina tidak pernah secara spesifik mengatakan masalah tersebut.

Menurut Ariyana, Regina hanya menceritakan tentang ketidakjujuran Charly sehingga rasa kepercayaannya hilang. "Itu salah satu alasan yang dimunculkan mungkin nanti alasan itu akan terurai pada saat persidangan berlanjut dengan saksi dan atau jawaban-jawaban pihak sana (Charly)," katanya.

Dikabarkan juga bahwa Regina kerap mendapat tekanan untuk tidak boleh beraktivitas dan tidak boleh keluar rumah dan lain-lain, sehingga kerap membuat Regina tidak nyaman. Masalah tersebut sudah mulai terjadi 1,5 tahun lalu atau sejak pertengahan 2017 lalu.

Eksekusi Mati TKI Tuti Tursilawati Dilaksanakan Tanpa Notifikasi

Presiden Joko Widodo amat menyesalkan eksekusi mati yang dilakukan Arab Saudi terhadap TKI (Tenaga Kerja Indonesia) bernama Tuti Tursilawati asal Majalengka. Eksekusi tersebut dilakukan Arab Saudi tanpa memberitahu Pemerintah Indonesia terlebih dahulu. "Ya, memang itu patut kita sesalkan. Itu tanpa notifikasi," kata Presiden Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Rabu, 31 Oktober 2018.

Jokowi juga tak menampik bahwa bukan hanya kali ini saja Arab Saudi mengeksekusi TKI tanpa memberi notifikasi terlebih dahulu. Saat ditanya tentang langkah pemerintah agar kejadian serupa tidak lagi terulang kembali di kemudian hari, Jokowi menyebut bahwa hal tersebut terjadi di wilayah hukum dari Arab Saudi. "Ya, kembali lagi ini adalah wilayah hukum, wilayah kewenangan raja Arab Saudi. Saya sudah berkali-kali setiap bertemu, baik dengan Sri Baginda Raja Salman, dengan Pangeran Muhammad bin Salman, terakhir dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, saya ulang-ulang terus," kata Jokowi. 

"Jangan dipikir kita ini tidak melakukan upaya politik. Menteri luar negeri juga sama. Kedutaan tiap hari lakukan hal yang sama," tambahnya. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Pemerintah Indonesia telah melayangkan protes kepada Pemerintah Arab Saudi terkait eksekusi mati Tuti Tursilawati. Eksekusi mati terhadap Tuti sendiri telah dilaksanakan pada Senin, 29 Oktober 2018 di Kota Taif. 

Protes yang dilayangkan pemerintah karena tak ada notifikasi kepada pihak KBRI di Riyadh maupun KJRI Jeddah sebelum eksekusi Tuti. Menurut Iqbal, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar Arab Saudi di Jakarta pada Selasa, 30 Oktober 2018, untuk menyampaikan protes secara langsung. 

Tuti Tursilawati merupakan seorang TKI asal Desa Cikeusik, Majalengka, Jawa Barat. Tuti divonis mati oleh pengadilan di Arab Saudi pada Juni 2011 dengan tuduhan membunuh majikannya. Nisma Abdullah, Ketua Umum Serikat Buruh Migran Indonesia yang mendampingi kasus itu sejak awal, mengatakan, pembunuhan itu tak disengaja lantaran Tuti membela diri dari upaya pemerkosaan majikannya. Selama bekerja di rumah majikan itu, menurut Nisma, Tuti kerap mendapat pelecehan seksual hingga pemerkosaan.

Leeteuk Akui Pernah Alami Cinta Segitiga

Mungkin hampir dari semua orang pernah merasakan yang namanya patah hati? Hal ini tidak terkecuali terjadi pada leader boyband Super Junior atau SuJu, Leeteuk. Dalam program televisi 'Rumor Has It', terungkap bahwa Leeteuk dulunya memiliki kisah cinta segitiga dengan seorang  selebritis wanita kaya raya. 

'Rumor Has It' merupakan program bincang-bincang yang membahas semua isu terpanas di dunia K-pop. Menurut para pembawa acaranya, kisah itu terjadi pada 2006 ketika Leeteuk masih menjadi idola pendatang baru dan mendapatkan popularitas. Suatu hari, dalam perjalanan ke sebuah acara, Leeteuk secara tidak sengaja bertemu dengan seorang perempuan yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Leeteuk meminta sahabatnya sesama member Super Junior, Shindong, untuk membantunya. Shindong akhirnya berhasil mendapatkan nomor telepon perempuan itu dan Leeteuk mulai berkomunikasi dengan pujaan hatinya itu. Namun, Leeteuk langsung mendapat penolakan karena perempuan itu mengaku merasa tertekan berkencan dengan seorang selebritis. 

Namun, penolakan itu tidak menghentikan Leeteuk untuk terus mengejarnya. Suatu hari, Leeteuk sengaja mengendarai mobilnya sendiri untuk menemui perempuan tersebut dan mempersiapkan CD berisi lagu-lagu yang Leeteuk suka dengarkan. Usahanya itu membuahkan hasil, perempuan tersebut akhirnya menerima cinta Leeteuk dan mereka berdua mulai berpacaran. Namun tiba-tiba, Leeteuk tidak bisa berkomunikasi dengan kekasihnya selama seminggu. 

Setelah satu pekan merasa frustasi, perempuan itu mendadak menelepon Leeteuk dan memintanya berkencan di bioskop. Walaupun mereka sedang di area publik ketika itu, Leeteuk dengan berani menggenggam tangan perempuan tersebut dan menikmati kencan nonton film mereka. Saat mereka sedang asik menonton, perempuan tersebut menerima panggilan dari seseorang yang namanya pada layar ponsel tertulis sebagai "seorang selebritis terkenal yang juga putra seorang CEO konglomerat". 

Ternyata, wanita itu sudah menjalin hubungan dengan selebritas kaya raya itu ketika dia bertemu Leeteuk. Padahal, Leeteuk sangat mencintai perempuan itu sehingga jika si perempuan bersedia menikah dengannya, Leeteuk akan meninggalkan kariernya. Setelah itu, Leeteuk sangat sakit hati setelah menemukan fakta tersebut. Leeteuk yang saat itu mengalami masa-masa yang sulit, namun member Super Junior lainnya selalu mengawasinya dan mendampinginya, sehingga Leeteuk tidak pernah merasa sendirian.

PT Kalbe Perbanyak Ekspansi Ke Luar Negeri


Perusahaan yang bergerak di bidang industri obat-obatan PT Kalbe Farma Tbk tengah mempersiapkan ekspansi pabrik ke Asia Tenggara. Saat ini, pembangunan pabrik di Myanmar sedang berjalan. Direktur Utama PT Kalbe Farma, Vidjongtius mengatakan bahwa untuk saat ini pabrik tersebut masih dalam tahap konstruksi. Dana yang digunakan untuk konstruksi dipersiapkan dari belanja modal tahun 2018 sekitar Rp 1,5 triliun.

"Yang proyek Myanmar (totalnya) kurang lebih Rp 15 juta-20 juta dollar AS," ujar Vidjongtius pada Selasa, 30 Oktober 2018. Pembangunan pabrik di Myanmar dilakukan dengan skema joint venture dengan perusahaan distributor swasta. Produk utama yang akan diproduksi dan dipasarkan di sana adalah produk unggulan 'Mixagrip'. Vidjongtius juga memastikan Kalbe Farma akan menguasai joint venture tersebut dengan porsi 90 persen.

"Yang luar cuma partner distribusi saja," kata Vidjongtius. Selain di Myanmar, Kalbe Farma juga telah melirik pasar Vietnam dan Filipina sebagai target ekspansi selanjutnya. Kalbe Farma sebelumnya juga sudah memiliki pabrik di Nigeria. Saat ini, tercatat pendapatan pasar dari dalam negeri sebesar 94 persen dan 6 persen dari luar negeri. Vidjongtius menargetkan dengan ekspansi yang ada, tingkat pendapatan pasar dari luar negeri bisa menjadi 10 persen. "Kita tambah satu atau dua lagi lah. Tiga tahun bikin pabrik tidak cukup, paling tidak sampai empat tahun," jelasnya.

Selasa, 30 Oktober 2018

Mata Bella Hadid Di Tas Birkin Hermes


Untuk para penggemar Bella dan Gigi Hadid pasti sudah tahu bahwa sebelum mereka menjadi supermodel, mereka sudah lebih dulu masuk jajaran kelas atas di Los Angeles. Hal ini tak lepas dari peran sang ayah, Mohamed Hadid, pria kelahiran Palestina, yang tinggal di Amerika Serikat dan berprofesi sebagai pengembang dengan taksiran kekayaan antara 100 juta - 200 juta US Dollar.  

Karena itu, jika melihat Hadid mengunggah sebuah tas Birkin Hermes yang memiliki harga selangit, bukanlah sebuah keanehan. Dilansir dari Harper Bazaar Australia, yang menarik justru adalah desain dari tas tersebut. Desain yang tampil adalah tatapan mata dari Bella. Dalam unggahannya, Hadid memberikan keterangan, “The Magical Eye of Bella @bellahadid acrylic on python skin treated and varnished.” 

Soal harga, jika tas Birkin tersebut polos, maka kisarannya adalah 10.000 dollar Australia atau Rp 107 juta. Ada pun pilihan custom Mohamed Hadid diperkirakan seharga 70.000 dollar Australia atau Rp 752 juta.  Ide tas custom semacam ini sudah lebih dulu dilakukan oleh beberapa selebiriti dunia. Pada 2013, misalnya, Kanye West memberikan hadiah kepada istrinya, Kim Kardashian sebuah tas Birkin 45 berwarna oranye, yang menampilkan karya yang dilukis oleh seniman kontemporer George Condo.

'The Returning' Jadi Film Horor Dengan Sajian Baru


Salah satu film horor yang akan meramaikan perfilman Indonesia di akhir tahun ini adalah  'The Returning' yang digarap oleh sutradara Witra Asliga. Namun tak seperti film horor tanah air pada umumnya, Witra menyebut bahwa The Returning yang dibintangi oleh Ario Bayu dan Laura Basuki kali ini memberikan sajian yang tak biasa.

"Indonesia belum ada nih film horor yang creature (makhluk seram) seperti ini. Kami coba bikin jadi sesuatu yang baru untuk film Indonesia. Jadi enggak hantu kayak pocong dan kuntilanak terus," kata Witra dalam sebuah keterangan pada Rabu, 24 Oktober 2018.

Witra yang mengawali kariernya sebagai movie blogger itu mengaku menggemari film-film arahan sutradara Guillermo del Toro yang sering menampilkan makhluk-makhluk aneh dalam karyanya.  Karena itulah, ia ingin mencoba gaya yang berbeda dari film-film horor Asia kebanyakan.  "Karena dari dulu saya seneng sama sutradara Guilermo del Toro yang selalu bikin horor pakai creature yang aneh-aneh, punya tanduk, sayap. Creature-nya lebih ke kelelawar sih, demon. Bukan hantu-hantuan yang gimana gitu," ujar Witra.

Ario Bayu yang menjadi pemeran utama dalam film ini mengakui bahwa nuansa yang berbeda itulah yang membuatnya mau mengambil tawaran bermain dalam The Returning.  Selain itu, menurut Ario, The Returning memiliki kekuatan pada ceritanya. Sebuah drama keluarga yang dibalut dengan kisah horor. "Tapi yang beda dari film ini tuh orientasinya drama. Jadi it's family movie. Ini tentang rasa cinta istri yang begitu besar. Ini sangat dalam. Itu yang gue suka sih. Misalnya, ada horor sesederhana tiba-tiba di kuburan terus ada pocong, takut," kata Ario.

"Tapi ini memang ada ceritanya, di mana seorang istri yang berdedikasi tinggi kepada anak-anaknya dan sangat amat mencintai suaminya. Kenapa gue ngambil film ini karena ini memiliki perbedaan dari horor lainnya. Ini film horor, menakutkan, tapi ada dramanya," tambahnya.

The Returning menceritakan tentang kisah Natalie (Laura Basuki) yang tengah berduka karena suaminya Colin (Ario Bayu) dinyatakan hilang saat melakukan pendakian. Mereka memiliki putra-putri bernama Maggie (Tissa Biani) dan Dom (Muzakki Ramdhan). Tiba-tiba setelah beberapa bulan berselang dan dianggap telah tiada, Colin secara misterius kembali ke rumah. Namun, kepulangan Colin disertai dengan kejanggalan demi kejanggalan.

Isyana Sarasvati Jadikan Es Krim Teman Inspirasi

Penyanyi Isyana Sarasvati (25) mengaku bahwa dirinya amat menyukai makanan yang manis. Salah satunya favoritnya adalah es krim. "Basically aku suka banget makan, apalagi makanan manis aku suka banget. Makanya memang es krim tuh sudah bisa makanan sehari-hari juga," kata Isyana dalam sebuah acara di Emtek Studio, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Sebagai seorang penyanyi dan pencipta lagu, Isyana menjadikan es krim sebagai teman mencari inspirasi. Biasanya Isyana suka menikmati es krim di studio mini miliknya. "Di rumah punya studio kecil-kecilan. Biasanya malam hari, biar refresh makan es krim," katanya.

Meski begitu, Isyana juga harus mengetahui takaran yang pas dalam mengkonsumsi es krim. Jika menyantap es krim dengan porsi yang berlebih, efeknya akan berimbas ke kualitas suara menjadi tidak baik. Biasanya, jika Isyana selesai makan es krim, ia akan langsung meminum air putih hangat untuk melegakan tenggorokannya. "Minum air putih hangat. Tapi sebenarnya aku enggak ada pantangan makanan kok. Aku memang pencinta makanan," kata dia.

Hari Oeang Ke-72 Diliputi Rasa Sedih


Hari ini, tepatnya pada 30 Oktober 2018, Kementerian Keuangan memperingati Hari Oeang yang ke-72. Peringatan ini dilakukan untuk menghormati dan mengenang peran para pendahulu mereka yang berjuang menegakkan mata uang rupiah sebagai bentuk kedaulatan negara sejak awal kemerdekaan tahun 1945.

Namun, peringatan Hari Oeang ke-72 pada tahun ini juga digunakan sebagai momen untuk memberi penghormatan terakhir bagi 21 pegawai Kemenkeu yang naik pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada hari Senin, 29 Oktober 2018 kemarin. Melalui akun Instagram Kementerian Keuangan, @kemenkeuri, disebutkan seluruh jajaran mengadakan upacara yang diawali dengan doa bersama.

"Peringatan upacara tahun ini tidak seperti biasanya, insiden pesawat #JT610 memberi luka mendalam bagi seluruh pegawai @kemenkeuri tidak terkecuali bagi pemimpin institusi ini #KemenkeuBerduka," demikian sedikit penggalan caption yang diunggah oleh akun sosial media instagram Kemenkeu pada Selasa siang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak para peserta upacara menundukkan kepala seraya mendoakan seluruh penumpang korban pesawat Lion Air JT 610, khususnya bagi 21 orang pegawai Kemenkeu yang turut serta. Setelah itu, Sri Mulyani bersama seluruh jajaran melihat deretan foto para pegawai yang jadi korban. Dari foto yang ditampilkan, nampak Sri Mulyani bersama pejabat  lainnya terdiam sembari melihat satu per satu foto para korban. Sri Mulyani juga terlihat menahan tangis dalam salah satu foto yang diunggah akun Kemenkeu.

"Saya sangat bangga kepada dedikasi mereka semua. Saya sangat berterima kasih. Mereka akan selalu menjadi sosok inspirasi bagi kami jajaran pegawai @kemenkeuri," sebut Sri Mulyani. Puluhan pegawai Kemenkeu yang terbang dari Jakarta menuju Pangkal Pinang dengan Lion Air JT 610 itu hendak bekerja kembali ke kantor penempatan mereka di Provinsi Bangka Belitung. Mereka sebelumnya berada di Jakarta untuk merayakan Hari Oeang ke-72 sekaligus menengok keluarga mereka yang ada di Ibu Kota dan sekitarnya.

Jumlah TKA Di Indonesia Masih Rendah

Presiden Joko Widodo mengklarifikasi rumor tentang 10 juta tenaga kerja asal Tiongkok yang dikabarkan membanjiri Indonesia, saat menghadiri Kongres ke-20 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Selasa, 30 Oktober 2018. Jokowi menegaskan bahwa rumopr tersebut jelas tidak benar alias hoaks. 

Menurut Jokowi, tenaga kerja asing dari Tiongkok yang bekerja di Indonesia hanya 24.000. Justru sebaliknya, jumlah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Tiongkok justru lebih besar. "Tenaga kerja (Indonesia) yang ada di Tiongkok malah 80.000 lebih. Di sini hanya 24.000, kita di sana 80.000. Di sana malah antek Indonesia kalau ngomongnya antek-antekan," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, untuk rumor semacam ini harus ia luruskan berulang-ulang agar tak menjadi sesuatu yang dianggap sebagai kebenaran. Sebab, tak sedikit masyarakat yang mempercayai isu ini. Kepala Negara pun menegaskan, pada dasarnya setiap negara memang menerima tenaga kerja asing dalam rangka memperbaiki sumber daya manusia yang ada di negaranya. 

Bahkan, negara-negara lain menerima TKA lebih banyak. Uni Emirat Arab, contohnya, dengan jumlah tenaga kerja asingnya mencapai 80 persen dari total jumlah penduduk. Arab Saudi sebesar 33 persen, Brunei sebesar 32 persen,Singapura sebesar 24 persen, Malaysia sebesar 5 persen, dan Indonesia hanya sebesar 0,03 persen. "Satu persen saja tidak ada kok diramein. Jutaan darimana. Ngitungnya kapan. Tanya imigrasi sudah kelihatan," kata Presiden Jokowi.

Vanesha Prescilla Dapat Kejutan Video Viral Dari Pacar


Aktris Vanesha Prescilla baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-19 pada 25 Oktober lalu. Di hari istimewa tersebut, Vanesha mendapat kejutan tak terduga dari kekasihnya, Adipati Dolken. Kejutan itu berupa video montase berdurasi 4 menit 12 detik dengan judul "Aku Buat Kamu". Video tersebut juga sempat viral dan menduduki posisi ke-28 trending YouTube pada Jumat, 26 Oktober 2018 siang. 

Vanesha mengaku tak menyangka video dari kekasihnya itu bisa menarik perhatian warganet serta mendapat banyak respons positif. "Adipati pun enggak expect sih. Enggak nyangka bakal segininya (respon). Kita cuma mikir banyak yang sayang sama kita. Banyak yang happy juga sama video itu," ungkap Vanesha dalam jumpa pers film Dilan 1991 di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat pada Senin, 29 Oktober 2018. 

Vanesha mengatakan ia sangat terharu atas video tersebut. Ia juga tak mengetahui sama sekali rencana Adipati dalam membuat video itu. "Iya berlinangan air mata gitu. Happy banget. Maksudnya, videonya apa, ya, bermakna sekali buat aku. Waktu itu nontonnya sama keluarga aku juga, jadi senang," ungkap Vanesha. Vanesha berharap dengan bertambahnya usia,ia bisa semakin dewasa dan semakin bijak dalam menjalani hidup. "Memilih keputusan yang benar. Makin bisa ngebanggain orang tua. Makin bisa happy-happy," ucap adik dari aktris Sissy Priscillia itu.

Sering Haus Sinyal Diabetes?

Menurut sebuah riset, sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun menderita diabetes tipe dua, tapi mayoritas penderita tidak menyadarinya. Diabetes tipe dua adalah ketika tubuh tidak lagi bisa menggunakan hormon insulin dengan baik sehingga kadar gula darah tetap tinggi. Penyakit ini sebenarnya dengan mudah bisa dideteksi dengan cek darah. 

Salah satu penyebab diabetes tipe dua jarang terdeteksi adalah karena gejalanya tidak mudah disadari, bahkan dianggap sebagai hal biasa. Misalnya saja gampang haus. Ketika kadar gula dalam darah tinggi, tubuh secara alami akan berusaha untuk menyingkirkannya dari peredaran darah. "Air mengikuti gula, sehingga kita akan lebih sering pipis," kata ahli endokrinologoi Mary Vouyiouklis Kellis. 

Waspadai jika kita jadi sering buang air kecil walau jarang minum, terutama ketika terbangun tengah malam. Ciri diabetes adalah pipis beberapa kali di malam hari. Karena sering buang air kecil, maka tubuh akan rentan dehidrasi dan mudah haus. "Yang terburuk, sebagian orang yang tidak sadar menderita diabetes menghilangkan rasa hausnya dengan minum minuman manis, yang justru makin meningkatkan kadar gula darahnya," katanya. 

Tanda-tanda dehidrasi antara lain warna urine lebih kuning, sering merasa haus, dan juga berat badan yang turun. Gejala lain kadar gula darah tinggi antara lain kelelahan walau sudah cukup istirahat, nafsu makan meningkat, berat badan susah naik, dan penglihatan mulai kabur. Jangan anggap remeh "sinyal tubuh", segera periksakan diri sehingga komplikasinya bisa dicegah. 

Kebiasaan Buruk Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung sering kali muncul dan membuat kita tidak bisa bergerak bebas. Terkadang, bahkan hanya untuk duduk saja rasa nyeri sering kali menyiksa. Rasa nyeri di punggung ini bisa disebabkan oleh penyakit, seperti slippery disc (pergeseran piringan sendi di sekitar tulang belakang) atau adanya tumor di sekitar area tulang punggung. Kebiasaan tertentu juga bisa jadi penyebabnya. Apa saja kebiasaan buruk yang paling umum membuat punggung sakit?

1. Duduk membungkuk 

Mulai dari pelajar sampai pegawai kantoran biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk. Sayangnya, banyak orang duduk dengan posisi yang salah, contohnya duduk membungkuk. Jika kamu sering duduk dengan posisi ini, lekukan normal pada tulang belakang bisa berubah. Selain itu, piringan sendi di antara juga juga bisa rusak. Bila kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus, risiko terkena penyakit arthritis (nyeri sendi) jadi lebih besar.

Selain kebiasaan duduk membungkuk, postur tubuh yang buruk lainnya seperti cara berdiri dan cara berjalan yang salah bisa menyebabkan cedera dan membuat risiko nyeri punggung meningkat. Untuk menghindarinya, lakukan peregangan ringan pada pinggang dan leher untuk mengurangi tekanan pada otot setiap setengah jam.

2. Makan sembarangan 

Tubuh memerlukan vitamin D, kalsium, fosfor setiap hari untuk membangun otot, tulang dan jaringan lunak yang kuat di sekitar punggung. Jika kita tidak cermat dalam memilih makanan, apalagi sering makan makanan rendah mineral tapi tinggi gula, kesehatan tulang punggung bisa terancam. Berat badan jadi bertambah, tekanan pada tulang sekitar punggung juga akan bertambah.

Parahnya lagi, peradangan di sekitar sendi dan tulang jadi lebih rentan terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung dan berbagai penyakit pada tulang. Apa solusinya? Kita harus memerhatikan kembali apa saja yang kitaa makan dan minum. Perbanyak makan sayur dan buah, serta makanan lain yang mengandung protein dan lemak sehat.

3. Malas gerak dan jarang olahraga 

Kita lebih rentan mengalami sakit punggung jika malas bergerak dan jarang olahraga. Jadi, untuk menghindari sakit punggung cobalah untuk tidak malas bergerak. Sesekali lakukan gerakan peregangan di sela jam kantor, memilih jalan kaki atau pilih naik tangga jika jaraknya cukup dekat. Pilihan olahraga yang bisa kamu coba juga cukup banyak. Mulai dari pilates, angkat beban, berenang, jalan sehat, hingga bersepeda untuk mengencangkan otot perut dan meningkatkan kestabilan otot punggung.

Pentingnya Cairan Wiper Yang Tepat Untuk Kaca Mobil

Kinerja wiper pada mobil sangatlah penting, namun tidak banyak yang paham pentingnya cairan yang digunakan pada semprotan wiper. Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil kurang mengerti pentingnya cairan wiper, bahkan banyak yang hanya asal mengisinya dengan air sabun biasa.

Menurut Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengisi cairan wiper sebaiknya menggunakan spesifikasi cairan yang disediakan. Hal ini penting dalam membantu kinerja wiper dalam menyapu permukaan kaca. "Baiknya menggunakan wiper fluid karena memang sudah dibuat khusus itu pembersih kaca, jangan sembarang mengisi dengan air sabun biasa apalagi bila ada kandungan detergennya," ucap Anjar pada Minggu, 28 Oktober 2018.

Cairan khusus wiper memiliki kandungan ph yang lebih terkomposisi. Hal ini cukup baik untuk menjaga kejernihan kaca mobil, lebih dari itu juga menjaga komponen lain, seperti lapisan kaca dan karet wiper sendiri. Anjar mengatakan, cairan wiper yang baik memiliki efek seperti daun talas, artinya dengan kandungan yang khusus bisa membuat air cepat mengalir dari kaca.  Dengan begitu kerja wiper membersihkan dan menjaga kejernihan kaca saat berkendara juga lebih optimal.

"Kita tidak pernah tau kandungan sampo atau air biasa itu seperti apa dampaknya, ditakutkan bila malah nanti kaca bermasalah seperti menimbulkan efek pelangi yang dapat mengganggu pandangan berkendara. Bila terpaksa lebih baik pakai air biasa saja, tidak usah dicampur-campur dengan sabun atau sampo," kata Anjar. Sementara untuk cairan sabun yang mengandung deterjen, anjar menjelaskan memiliki efek buruk bisa menimbulkan kerak pada lubang semprot wiper. Bila kerak tersebut dibiarkan kering, otomatis akan menyumbat cairan pembersih keluar.

Tim Basarnas Upayakan Pencarian Korban Lion Air JT-610

Berbagai upaya telah dilakukan oleh tim SAR gabungan sepanjang hari pada Senin, 29 Oktober 2018, namun keberadaan badan pesawat Lion Air JT-610 masih menjadi misteri. Pesawat Lion Air JT-610 yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, sekitar pukul 06.10 WIB hilang kontak pukul 06.33 WIB. Basarnas telah mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut jatuh di perairan dekat Karawang, Jawa Barat.  

Pesawat tersebut terhitung membawa 189 orang penumpang yang terdiri dari 179 orang penumpang dewasa, 1 orang penumpang anak-anak dan 2 bayi, 2 pilot dan 5 kru. Kapal SAR hingga nelayan, para tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, dan Polri segera menuju lokasi yang diduga titik pesawat Lion Air JT-610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Sejumlah 14 kapal dikerahkan mulai dari kapal milik Basarnas, TNI AL, Polair, hingga kapal milik Bea Cukai. 

Pencarian dilakukan dengan radius 125 mil laut. Beberapa kapal difokuskan mencari korban dan puing pesawat di permukaan laut, sementara beberapa kapal melakukan pencairan bawah laut dengan menggunakan sonar. Total personel tim gabungan mencapai 300 orang. Bahkan menurut Basarnas, tim gabungan juga dibantu oleh para nelayan lokal untuk mencari korban dan tanda-tanda badan pesawat. 

Pada laporan awal pukul 10.00 WIB di hari yang sama, Basarnas mengungkapan telah menemukan sejumlah barang dan potongan tubuh manusia di sekitar lokasi. "Ada puing-puing pesawat, pelampung, HP, dan ada beberapa potongan tubuh," ujar Ketua Basarnas M. Syaugi dalam jumpa pers di kantor Basarnas. Sementara itu, KRI Regel yang memiliki kemampuan mencari benda di bawah laut juga tak menemukan tanda-tanda badan pesawat Lion Air JT-610 hingga Senin malam

Penemuan barang dan potongan tubuh oleh personel Basarnas yang melakukan penyelaman membuat tim SAR memutuskan untuk menerjunkan para penyelaman ke dasar laut di perairan Karawang.  Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Brigadir Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto menyebutkan, Basarnas mengerahkan 30 penyelam untuk proses pencarian korban Lion Air JT-610. Bantuan penyelaman juga didatangkan dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan bantuan dari para anggota Polri. 

Penyelaman dilakukan di kedalaman 30-35 meter. Rata-rata dalam laut di sekitar lokasi memang ada di kisaran tersebut. Cuaca yang berawan dan arus laut yang tidak terlalu kencang memungkinkan penyelaman dilakukan di area yang diperkirakan lokasi jatuhnya pesawat. Setelah beberapa jam melakukan pencarian bawah laut, tim penyelam tak melihat tanda-tanda badan pesawat. Hingga Senin petang, penyelaman dihentikan karena langit mulai menggelap, jarak pandang di bawah laut sangat terbatas. 

Basarnas memprediksi banyak korban yang masih berada di badan pesawat Lion Air JT 610, yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Sebab, hingga Senin malam tim belum juga menemukan jenazah utuh para korban. Meski demikian, kerja tim SAR gabungan tak dihentikan. Pencarian korban dan badan pesawat terus dilanjutkan 24 jam.

Senin, 29 Oktober 2018

Riset Terbaru : Menangislah Seminggu Sekali

Menangis memang lebih sering dikaitkan dengan kesedihan atau rasa sakit. Bukan hanya sekadar luapan emosi, periset telah menemukan manfaat lain dari menangis. Akademisi Jepang mengklaim cara paling ampuh untuk menghilangkan stres adalah menangis. Bahkan, menangis dinilai lebih ampuh sebagai pereda stres dibandingkan tertawa, tidur atau secangkir kopi hangat. 

Hidefumi Yoshida, seorang akademis telah membuktikan manfaat dari menangis. Ia juga menyelenggarakan lokakarya dan ceramah rutin untuk mengedukasi masyarakat Jepang mengenai manfaat psikologis dari menangis. "Menangis lebih efektif daripada tertawa atau tidur dalam mengurangi stres," ucapnya. 

Yoshida menjelaskan bahwa mendengarkan musik atau menonton film sedih dan membaca buku yang membuat air mata menetes dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental. Ini terjadi karena adanya rangsangan untuk aktivitas saraf parasimpatis, yang memperlambat denyut jantung, yang dapat memiliki efek menenangkan pada pikiran. "Menangis seminggu sekali mampu membuat kita menjalani hidup tanpa stres,” tambahnya. 

Menurut Judith Orloff, Ahli Psikiatri dari Amerika Serikat, air mata adalah katup pelepas tubuh dari stres, kesedihan, kesedihan, kecemasan, dan frustrasi. "Menangis adalah cara untuk menghilangkan emosi yang terpendam sehingga tidak bersarang di tubuh yang mengakibatkan munculnya gejala stres, seperti kelelahan atau rasa sakit," ucapnya. Atas alasan itu pula, Orloff kerap mendorong pasiennya untuk menagis.  

Orloff juga menegaskan, air mata dapat melumasi mata, menghilangkan iritasi dan mengurangi hormon stres. Air mata juga mengandung antibodi yang melawan mikroba patogen. Tubuh kita menghasilkan tiga jenis air mata yaitu refleks, kontinyu, dan emosional. Setiap jenis memiliki peran penyembuhan yang berbeda. 

Misalnya, air mata refleks memungkinkan mata untuk membersihkan partikel berbahaya ketika terganggu oleh asap atau knalpot. Jenis kedua, air mata "kontinyu" merupakan air mata yang diproduksi secara teratur untuk menjaga mata kita tetap terlumasi. Air mata yang keluar pada jenis ini mengandung zat kimia yang disebut "lisozim" dan berfungsi sebagai anti bakteri yang melindungi mata kita dari infeksi. Air mata juga mengalir ke hidung melalui saluran air mata untuk menjaga hidung tetap lembab dan bebas bakteri. Biasanya, setelah menangis, pernapasan dan detak jantung menurun, kemudian kita memasuki keadaan biologis dan emosional yang lebih tenang. 

Pada tahun 1981, sebuah riset berjudul "Tear Expert" yang dilakukan Dr William Frey di University of Minnesota juga membuktikan manfaat menangis. Menurut riset tersebut, menangis melepaskan endorphin yang meningkatkan perasaan bahagia dan kesejahteraan. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 terhadap lebih dari 3.000 orang menemukan menangis membuat orang merasa jauh lebih baik dalam situasi yang sulit. Bahkan, peneliti menyarankan menangis agar dipakai sebagai bentuk terapi.

Bernafas Dengan Hidung Pertajam Daya Ingat

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan ketajaman daya ingat. Namun siapa sangka bahwa ada satu cara yang paling mudah, yaitu dengan cara bernapas melalui hidung. Para peneliti di Karolinska Institutet di Swedia menemukan bahwa cara manusia bernafas juga bisa mempengaruhi ingatan. Secara lebih spesifik, para peneliti meyakini bahwa dengan bernafas melalui hidung setelah disuguhkan berbagai bau akan membuat seseorang lebih mudah mengingat ketimbang bernafas melalui mulut.

"Ini pertama kalinya seseorang mendemonstrasikan hal ini. Studi kami menunjukkan bahwa kita mampu mengingat bau lebih baik saat bernafas menggunakan hidung, ketika memori terkonsolidasi atau terjadi proses antara pembelajaran dan pengumpulan ingatan kembali," kata Artin Arshamian, peneliti di Institut Departemen Klinik Neurosains di Karolinska.

Hubungan antara pernafasan dan ingatan memang sudah sejak lama ditemukan, namun para peneliti kerap terhambat dalam mengungkapkan hasilnya. Alasannya, binatang subjek percobaan yang digunakan, misalnya tikus, tidak bisa bernafas secara alami melalui mulut. Sementara pada percobaan kali ini, para peneliti meminta beberapa orang untuk mengingat 12 bau yang berbeda dalam dua kesempatan. Kemudian, mereka diminta untuk bernafas lewat mulut atau hidung selama satu jam. Ketika sudah melewati waktu tersebut, para peneliti menampilkan serangkaian bau. Lalu para partisipan ditanyakan, apakah bau tersebut adalah yang mereka cium pada sesi sebelumnya atau baru dikenalkan.  Hasilnya, para partisipan yang bernafas melalui hidung mampu mengingat bau dengan lebih baik.

Menurut Arshamian, hubungan cara bernafas dengan suatu perilaku memang bukanlah hal baru. Pengetahuan tentang hal itu sudah sejak lama diketahui pada area seperti meditasi. Hanya saja, belum ada yang membuktikannya secara keilmuan soal dampaknya terhadap otak. "Kini kami punya cara bagaimana mengungkapkan pengetahuan tersebut secara klinis," katanya.

Arshamian juga berharap pada fase penelitian berikutnya akan mampu mengukur stimulasi pada otak selama bernafas dan kaitannya dengan ingatan. Sebelumnya, diperlukan penetrasi elektroda ke dalam otak dan hal tersebut tak dimungkinkan. Namun Arshamian dan koleganya Johan Lundström tengah berupaya mengukur aktivitas otak dengan alat pengukur penciuman dan otak tanpa harus memasukkan elektroda. Jadi, ingatlh ketika kamu ragu, cobalah bernafas melalui hidung agar lebih mengingat bau di sekitar.

Zaskia Gotik Larang Adik Jadi Artis

Penyanyi dangdut Zaskia Gotik (28) mengaku melarang adiknya untuk mengikuti jejaknya menjadi seorang artis. "Ah enggak ah, (adik) berwirausaha aja. Sudah lah, cukup kakaknya saja yang jadi artis," ucap Zaskia dalam sebuah kegiatan di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat pada Minggu, 28 Oktober 2018. 

Penyanyi yang terkenal dengan lagu "Bang Jono" ini menjelaskan bahwa ia melarang bukan karena takut akan kalah tenar dengan adiknya nanti. Salah bergaul merupakan bahaya yang harus dihadapi dalam dunia artis. "Aku takut pergaulannya. Bukan artis pergaulannya enggak benar, itu tergantung kita. Kalau kitanya benar, ya benar. Kalau kitanya mau ikut salah, ya salah. Cuma, aku lebih ke, 'Ya sudah mendingan usaha (bisnis) aja'," jelas Zaskia. 

Zaskia Gotik berujar bahwa menjadi seorang wirausaha memiliki karier yang lebih panjang daripada artis. Artis, lanjut Zaskia, ada masanya. "Kalau jadi artis, enggak bertahan. Kalau usaha kan dia berkembang terus, jadi aku pengin adik usaha. Adik aku tuh bisa nyanyi, pengin jadi anak band, artis. Enggak boleh, usaha aja," ujar Zaskia.

Brisia Jodie Ceritakan Single Terbarunya Berjudul "Seandainya"

Finalis jebolan Indonesian Idol musim ke-9, Brisia Jodie menceritakan kisah tentang single terbarunya yang berjudul “Seandainya”. Jodie mengatakan bahwa single itu ia ciptakan sendiri tujuh tahun yang lalu ketika dirinya baru berusia 15 tahun. Ia menciptakan lagu itu bersama sang kakak di Yogyakarta. 

“Waktu itu malam-malam jam 2, kakakku lagi main keyboard, lalu aku bilang, Mas kita ciptain lagu yuk. Lalu aku nyanyi, dan kakakku ikuti chord-nya kemana,” ujar Jodi di Festival Citylink Bandung pada Jumat, 28 Oktober 2018 malam. Gadis yang lahir di 30 Maret 1996 lalu ini  mengatakan ketika itu ia memutuskan hanya merekam lagu itu, tetapi tidak merilisnya. Baru beberapa waktu lalu label rekamannya merilisnya ke publik. 

Selain lagu “Seandainya”, Jodie juga mengaku telah menciptakan banyak lagu. Lagu-lagu tersebut nantinya akan dipilih untuk dimasukkan ke dalam albumnya. “Nanti dipilih beberapa lagu yang komersil,” ungkapnya. Jodie mengaku tidak memiliki tips khusus dalam menciptakan lagu. Yang penting buatnya, saat menciptakan lagu, mood nya harus bagus. 

“Buat saya yang penting mood saat nyiptain lagu, bukan momen. Kalau malas, enggak selesai lagunya. Itulah mengapa enggak ada momen khusus, paling saat jatuh cinta atau patah hati,” imbuhnya. Jodie menambahkan bahwa ia tidak pernah pilih-pilih soal genre musik. Karena itu ia bisa menyanyikan dan menciptakan lagu jenis apa pun. Bagi Jodie, yang penting lagunya enak didengar.

Laudya Cynthia Bella Bantah Terima Rumah Dari Mantan Pacar

Aktris Laudya Cynthia Bella (30) membantah tudingan yang menyatakan bahwa rumahnya yang berada di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, adalah pemberian dari mantan kekasihnya, Afif Kalla. "Enggak, itu hasil kerja saya," kata Bella ketika diwawancara di The Hook, kawasan Senopati, Jakarta Selatan pada Kamis, 25 Oktober 2018. 

"Apa pun itu, ex-boyfriend saya enggak pernah kasih saya rumah. Saya kerja, shooting, itu rumah pertama saya. Saya shooting di Ciganjur," jelas Bella. Laudya Cynthia Bella juga mengaku sudah memberi klarifikasi pada akun YouTube pribadinya beberapa waktu lalu. Rumah itu dikatakan dibeli dengan cara mencicil, dengan uang hasil jerih payahnya bekerja. 

"Cuma, rumah pertama itu sekarang sudah lunas, kareng itu (hasil dari) film pertama aku, dari hasil shooting. Sekarang mau dijual, karena rumahku di Jakarta ada dua (rumah kedua di Pejaten Barat, Jakarta Selatan) dan bayar pajak mahal. Aku juga enggak tinggal di Jakarta dan punya rumah di Pejaten, jadinya rumah di Ciganjur aku jual. Alhamdulillah, rumah itu Allah kasih aku, rezeki ke aku, dari hasil kerja aku sendiri," sambung Bella.

Pengabdi Setan Raih Penghargaan Lagi di Toronto After Dark Film Festival 2018

Film Pengabdi Setan memang telah lama berakhir masa tayangnya, namun film horor yang digarap oleh sutradara Joko Anwar itu masih saja terdengar kabarnya. Film Pengabdi Setan dikabarkan baru saja dinobatkan sebagai Film Horor Terbaik dalam Toronto After Dark Film Festival 2018 yang digelar di Kanada. 

"Pengabdi Setan menang penghargaan Best Horror Film di Toronto, Kanada," unggah Joko Anwar dalam kicauan di akun sosial media Twitter-nya, @jokoanwar pada Senin, 29 Oktober 2018. Film Pengabdi Setan yang dibintangi Tara Basro itu juga mendapat penghargaan sebagai Most Scary Film. 

Untuk Toronto After Dark Film Festival, para juri adalah para penggemar yang memberikan lebih dari 5.000 suara pada tahun ini. Para penonton festival ini menentukan film horor, fiksi ilmiah, dan aksi terbaik yang ada dari seluruh dunia. Toronto After Dark Film Festival merupakan festival film horor, sci-fi, action, dan kultus yang digelar setiap tahun di Toronto, Kanada. Festival ini menampilkan berbagai film dari dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Tahun ini, festival tersebut berlangsung pada 11 hingga 19 Oktober 2018.

Go-Jek Rayakan Ultah Dengan Bagi-Bagi 888 Buah Al Quran

Tidak terasa bahwa Go-Jek telah memasuki tahun kedelapan beroperasi dan membantu menyediakan layanan transportasi dan kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat Indonesia. Sebagai wujud syukur mereka, Go-Jek mengadakan acara pembagian 888 buah Al Quran kepada masyarakat di Jakarta dan Bogor. Sebanyak 800 Al Quran diserahkan ke Masjid Istiqlal dan 88 lainnya diberikan ke pesantren PPTQ Nurul Iman yang merupakan milik mitra driver Go-Jek. Seluruh Al-Qur’an tersebut diserahkan pada acara tabligh akbar bertajuk Tasyakur Mitra Go-Jek #I8adahTanpaBatas yang diadakan di lingkungan Masjid Istiqlal bersama ratusan mitra driver ibu kota pada Jumat, 26 Oktober 2018 malam. 

Managing Director Go-Jek, Budi Gandasoebrata mengatakan bahwa selama delapan tahun ini Go-Jek terus berkomitmen untuk memberikan manfaat sosial secara maksimal bagi masyarakat. "Sebagai bentuk rasa syukur atas hari jadi yang ke delapan, kami bersama-sama dengan para mitra menghibahkan 888 Al-Quran," kata Budi dalam sebuah keterangan tertulis pada Minggu, 28 Oktober 2018. Budi berharap apa yang mereka berikan dapat dimanfaatkan sebanyak-banyaknya masyarakat. 

Selain itu, acara tabligh akbar ini juga menjadi ajang silaturahmi antara GO-JEK, masyarakat serta mitra driver. Budi menambahkan bahwa selama delapan tahun berdiri, Go-Jek telah bermitra dengan lebih dari 1 juta driver, dan 150.000 merchant Go-Food yang 80 persen diantaranya merupakan pengusaha kuliner UMKM. 

Misi awal Go-Jek adalah memberikan manfaat sosial yang semaksimal mungkin bagi masyarakat Indonesia, dibuktikan dengan Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2018. Berdasarkan riset tersebut, kata Budi, keberadaan Go-Jek membantu mengurangi tekanan pengangguran dengan memperluas kesempatan kerja. Riset juga menunjukkan bahwa mitra pengemudi dan UMKM di ekosistem Go-Jek berkontribusi sebesar Rp 9,9 triliun per tahun dalam perekonomian. 

Budi berharap di masa mendatang semakin banyak yang bisa merasakan dampak positif dari Go-Jek. “Pencapaian ini tentunya tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi Go-Jek terhadap dukungan yang terus diberikan oleh masyarakat dan para mitra kepada perusahaan teknologi seperti Go-Jek sehingga dapat terus memberikan dampak positif kepada masyarakat,” kata Budi.

Menteri Susi Sambut Organisasi Tindakan Nyata Untuk Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyambut kedatangan para delegasi Our Ocean Conference (OOC) 2018 dalam acara resepsi penerimaan di Nusa Dua, Bali pada Minggu, 28 Oktober 2018. Dalam sambutannya, Menteri Susi berharap konferensi memunculkan komitmen yang bisa dilacak dan diukur serta tindakan nyata untuk keberlangsungan dan kesehatan laut.

"Saya berharap kali ini Our Ocean Conference 2018 tidak hanya menghadirkan pembicaraan dan presentasi, tetapi lebih banyak mengundang tindakan untuk membuat lautan kita lebih sehat dan lebih berkelanjutan kondisinya," ujar Menteri Susi. Susi menyatakan bahwa Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah Our Ocean Conference 2018 ke-5 yang dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 29 hingga 30 Oktober 2018.

Konferensi ini akan dihadiri berbagai pemangku kepentingan terkait kelautan dunia.  Peserta dari organisasi ini baik dari kalangan masyarakat sipil hingga pengusaha jumlahnya seimbang dengan jumlah delegasi pemerintah. "Ini menunjukkan bahwa, konferensi diharapkan bisa mendorong kemitraan banyak pihak dengan satu tujuan untuk menyelamatkan lautan dari bermacam ancaman," ujarnya.

Berdasarkan catatan yang diterima, panitia OOC 2018 telah menerima lebih dari 1.500 peserta terdaftar. Jumlah ini telah melampaui target awal yaitu sekitar 1.000 peserta. Dalam penyelenggaraan OOC 2018 ini, Indonesia  memperkenalkan diri dengan tema besar: Samudera Kita, Warisan Kita. "Kami memilih tema ini karena kami menyadari bahwa tindakan yang kami ambil hari ini akan menentukan bagaimana kami mewariskan lautan untuk generasi masa depan kami," ujar Menteri Susi.

Selama OOC 2018, sesi pleno akan mengemukakan enam bidang aksi, yaitu Kawasan Perlindungan Laut, Perubahan Iklim, Keamanan Maritim, Polusi Laut, Perikanan Berkelanjutan, dan Ekonomi Biru Berkelanjutan. Sebanyak 50 Ocean Talks juga akan diselenggarakan. Juga akan ada lebih dari 20 acara untuk diskusi mendalam tentang cara menyelamatkan lautan. "Kami juga akan melihat komitmen baru yang diumumkan selama dua hari ke depan. Komitmen yang bisa dilacak dan diukur tingkat kemajuannya," ujar Menteri Susi.

Beberapa Wilayah Di Indonesia Akan Surplus Beras

Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Badan Usaha Logistik ( Bulog) Budi Waseso mengataka bahwa pihaknya akan memetakan wilayah dengan stok beras berlebih sebagai sumber penyerapan Bulog. Pasalnya, menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik ( BPS) sebelumnya menunjukkan bahwa data terbaru perhitungan produksi beras nasional Indonesia pada tahun ini mengalami surplus sebesar 2,8 juta ton.

“Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kota banyak, tinggal kita bertahap wilayah-wilayah mana saja yang penghasil beras yang surplus,” ujar Budi di sela Rapat Koordinasi BUMN di Bontang pada Minggu, 28 Oktober 2018 malam. Dia menjelaskan bahwa beberapa wilayah yang mengalami surplus beras akan menjadi kantong penyerapan Bulog. Seusai pemetaan, Bulog juga akan membagikan beras yang surplus tersebut ke wilayah yang masih kekurangan.

“Nanti saya bikin zona, umpama Sumatera yang paling banyak Lampung, berarti lampung itu untuk supply ke mana saja di daerah Sumatera,” jelas dia. Sementara untuk permasalahan impor, saat ini terdapat 300.000 ton beras impor yang masuk ke gudang Bulog. Budi juga menjelaskan bahwa saat ini beras tersebut masih tertahan di pelabuhan lantaran terdapat kendala administrasi. “Kurang lebih 300.000 ton kurang ya sudah sampai di pelabuhan, belum masuk gudang,” lanjut dia. Nantinya, beras impor tersebut akan ditampung di gudang-gudang milik Bulog yang berada di wilayah kekurangan beras. “Ada beberapa (gudang), kita akan dorong moving di daerah-daerah yang kurang jadi mungkin dorong ke Bali, terus wilayah Padang,” jelas Buwas.

Pesawat Lion Air Diduga Alami Lost Contact


Pihak manajemen Lion Air sedang menyelidiki kabar tentang pesawat mereka yang diduga mengalami hilang kontak (lost contact) pada pagi ini. Pesawat yang dikabarkan hilang kontak tersebut adalah Lion Air JT-610 rute penerbangan dari Jakarta ke tujuan Pangkal Pinang dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta pada pada Senin, 29 Oktober 2018 pagi.

"Saat ini kami masih dalam proses pencarian untuk koordinasi lebih lanjut," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro pada Senin pagi. Ketika ditanya lebih lanjut mengenai kronologis kejadian dugaan kehilangan kontak itu, Danang tampak belum bersedia memberi penjelasan lebih lanjut. Danang juga belum mengungkapkan sejak kapan pencarian terhadap informasi tersebut mereka lakukan.

Minggu, 28 Oktober 2018

Rapper Jon James Tewas Setelah Jatuh dari Pesawat


Agen Poker - Rapper Jon James McMurray meninggal dunia setelah insiden mengerikan saat melakukan syuting di atas pesawat. Saat itu, pria berusia 34 tahun ini sedang berjalan di atas sayap pesawat, namun tiba-tiba dia terjatuh dan tidak terselamatkan.

“Ketika Jon keluar lebih jauh ke sayap pesawat, saat itulah dia jatuh. Jon juga terlambat memegang sayap. Dia terlepas dan tidak sempat menarik parasutnya. Dia terkena benturan dan seketika tewas,” tulis manajemen di akun Twitter.

“Jon adalah orang yang sangat bergairah dan selalu tersenyum. Dia mengisi semua orang di sekelilingnya dengan nilai-nilai positif, dan tidak tidak pernah berbicara buruk tentang orang lain. Dia benar-benar memilikii hati emas.”

Dilansir dari Aceshowbiz, Rabu (24/10), Jon James mengalami kecelakaan saat syuting terjadi di British Colombia pada Sabtu, 20 Oktober 2018. Royal Canadian Mounted Police masih melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini.

Tokoh Internasional: Hentikan Menggunakan Agama sebagai Alat Politik


Poker Online - Pendiri dan Ketua Gerakan Wasatia, Dr. Mohammed Dajani, mengingat banyak partai politik di negara asalnya yang telah menyebarkan pesan kebencian dan bukannya cinta dan kasih sayang (Rahmah).

Dajani memberi contoh bagaimana Hamas menggunakan propaganda visual yang menunjukkan anak-anak diikat dengan bom sebagai sarana untuk melenyapkan orang lain.

“Mereka dituntun untuk membenci orang Yahudi dan orang Kristen. Mereka membakar sinagog dan gereja. Ini bukan Islam, ini kebencian, ”katanya yang hadir dalam Forum Persatuan Global ke-2 di Hotel Marriot di Sleman, Yogyakarta pada hari Jumat.

Dia berpendapat bahwa agama tidak boleh digunakan sebagai kapal politik dan jika digunakan, itu hanya akan menghadirkan perpecahan di antara masyarakat seperti di Palestina, di mana ada tiga puluh partai politik sekuler yang tidak bercita-cita untuk nilai-nilai luhur agama.

Namun, Dr. Mohammed Dajani mengatakan bahwa 10 organisasi Islam di Palestina juga telah gagal memenuhi aspirasi itu dan belum menyebarkan nilai inti Islam. Seperti Hizbut Tahrir yang telah menggunakan Al-Qur'an sebagai komentar untuk menyebarkan kebencian terhadap orang Yahudi dan Kristen.

Dia memberi contoh Hizbut Tahrir di Palestina dan di mana saja di dunia yang menafsirkan tiga ayat terakhir dari bab pertama Al-Qur'an, Al Fatihah, karena kemarahan Tuhan terhadap orang Yahudi dan Kristen menyimpang. Sebenarnya, kata Dajani, itu ditafsirkan sebagai kemarahan Tuhan terhadap orang-orang munafik dan orang-orang yang menolak kebenaran.

Dr Dajani, Direktur Eksekutif Kongres Islam Amerika Zainab al-Suwaij dari Irak juga mengatakan bahwa negaranya menghadapi kejatuhan setelah menyaksikan agama sering digunakan sebagai alat politik.

“Apa yang terjadi di Irak adalah banyak orang meninggal dan anggota keluarga hilang. Peradaban dihancurkan karena mereka berbicara atas nama agama untuk membunuh sesama manusia, ”kata Zainab.

Kedua tokoh sepakat bahwa Indonesia harus menanggapi perbedaan dan bahwa Irak dan Palestina belajar dari Indonesia. Mereka memandang Indonesia sebagai negara yang melindungi perbedaan agama, suku, dan ras.

Polisi Menangkap 4.000 Tersangka Kasus Narkoba selama Oktober


Agen Poker - Satuan Resiko Narkoba Polri menangkap 4.126 tersangka kasus narkoba sepanjang Oktober lalu. Dari jumlah itu, 107 adalah pengedar narkoba, 1.934 distributor, dan 2.085 pengguna.

"Dari 3.167 kasus narkoba, satu tersangka ditembak mati dan ada 5 tersangka asing," kata kepala polisi dari unit kejahatan narkotika Brigjen. Jendral Eko Daniyanto dalam pernyataan pers yang dirilis pada hari Jumat, 26 Oktober.

Sementara itu, pada minggu keempat bulan ini, pihak berwenang menangkap 27 pengedar narkoba, 511 pengguna, dan dua warga negara asing. "Ini menurun 5,59 persen dari 1.144 menjadi 1.080 orang," kata Eko.

Polisi menyita 14 ton ganja, 186 kg meth, 107.444 pil ekstasi, dan 322 gram gorila tembakau. "Serta 47,13 gram heroin, 198.413 pil PCC, dan 14,5 hektar perkebunan ganja hancur," tambah Eko.

Berdasarkan evaluasi, ada penurunan 4,37 persen dari 869 kasus narkoba selama minggu ketiga menjadi 831 kasus pada minggu keempat. Ada juga penurunan bukti ganja dan gorila tembakau dari minggu ketiga hingga minggu keempat. Sementara itu, temuan shabu dan ekstasi mengalami kenaikan masing-masing 10,46 persen dan 979,81 persen.

BMKG Memprediksi Kemungkinan Badai di Sebagian Wilayah Jakarta


Poker Online - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan di situs resminya bahwa sebagian wilayah Jakarta akan turun hujan mulai tengah hari hingga malam hari Sabtu, 27 Oktober.

Hujan lokal diperkirakan akan mengering di atas Barat, Selatan, dan Jakarta Timur, sementara Jakarta Pusat akan mengalami hujan intensitas cahaya. Sementara itu, langit di atas Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu (Kepulauan Seribu) akan berawan dan mendung.

BMKG juga merilis peringatan dini untuk kemungkinan badai durasi pendek di Jakarta Selatan dan Timur selama sore hari dengan tingkat kelembaban 75-95 persen.

Peringatan dini BMKG juga akan efektif untuk daerah-daerah tetangga seperti Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Sabtu, 27 Oktober 2018

Dewi Persik Somasi Kakak Kandung Dan Keponakannya


Pedangdut Dewi Persik baru-baru ini terlibat perseteruan dengan keponakannya sendiri. Ia mengaku tidak terima bila disebut tidak membantu mengorbitkan keponakannya yang bernama Rosa Meldianti untuk menjadi seorang artis. Dewi mengaku sudah berusaha memperkenalkan Meldi kepada produser acara stasiun televisi, namun memang belum membuahkan hasil. Hal itu dikatakan Dewi saat ditemui bersama kuasa hukumnya, Hotman Paris di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Sabtu, 27 Oktober 2018. 

"Kalau saya enggak mengorbitkan ponakan, mana buktinya ? Kalau kita berbicara enggak boleh enggak ada bukti, harus ada bukti, ada fakta gitu. Faktanya adalah semua dari program salah satu TV swasta bahkan produser itu saya jual ponakan saya dalam arti kariernya. Dia punya skill tapi di sini ternyata, Meldi sendiri banyak di tolak produser," ucap Dewi. 

Selain itu, Dewi juga mengaku pernah mencoba untuk mendukung Meldi untuk belajar menjadi seorang DJ (Disk Jockey). "Saya cari alternatif supaya dia ini tetap ada di entertainment saya les-in DJ gitu. Les DJ itu 5 juta lho," ujarnya. Dewi diketahui telah melayangkan somasi kepada Meldi dan kakak kandungnya (ibu Meldi) atas kasus pelecehan dan pencemaran nama baik. 

Mela Emma Tidak Lupakan Indonesia

Lahir dan besar di Amerika Serikat, tak membuat Malea Emma, seorang gadis cilik keturunan Indonesia yang membuat sensasi di pembukaan pertandingan Liga AS antara LA Galaxy dan Seattle Sounders pada Minggu, 23 September 2018 lalu, melupakan Tanah Airnya. Penyanyi cilik yang baru berusia tujuh tahun itu tetap mahir berbicara dalam bahasa Indonesia. 

Sebelumnya, Malea menjadi topik perbincangan di sana setelah tampil memukau pada pembukaan pertandingan tersebut. "Iya, Malea bisa berbahasa Indonesia dan Mandarin," tulis ayah Malea Arman Tjandrawidjaja baru-baru ini. 

Walaupun menetap di AS, Armanda dan istrinya Maura Esther mengaku tetao menggunakan bahasa Indonesia di rumah. Mereka tetap memperkenalkan bahasa Indonesia kepada Malea dan kakak lelakinya. "Di rumah kami selalu menggunakan bahasa Indonesia. Malea juga suka baca buku-buku cerita rakyat Indonesia. Favorit dia cerita Malin Kundang," tulis Arman. 

Arman menambahkan gadis cilik yang berperan sebagai Molly dalam drama musikal Annie di Hollywood Bowl itu juga menyukai kuliner asal Indonesia. "Malea juga suka makan makanan Indonesia terutama nasi kuning," tulis Arman. Nama Malea Emma melejit setelah membawakan lagu lagu kebangsaan Amerika Serikat berjudul "The Star Spangled Banner" saat pertandingan Liga AS. 

Setelah itu, Malea kemudian menjadi bintang tamu di berbagai acara televisi di AS. Melea juga bahkan mendapat kesempatan berduet dengan penyanyi favoritnya, Jennifer Holliday, dalam Good Morning America. Selain itu, Malea diberi kejutan dari Christina Aguilera yang mengundangnya menyaksikan konser idolanya itu.

Pelaku Teror Bom Di Amerika Serikat Adalah Fans Berat Presiden Trump

Badan Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) telah mengumumkan identitas pelaku pengiriman paket berisi bom pipa ke sejumlah tokoh politik dan aktor. Direktur FBI Christopher Wray pada Jumat, 26 Oktober 2018 mengatakan bahwa pelaku bernama Cesar Altieri Sayoc dan saat ini berusia 56 tahun. Dia ditahan di Plantation, Florida, setelah FBI menemukan sidik jarinya pada salah satu paket bom yang berhasil diamankan. 

Wray memaparkan bahwa ada 13 paket yang berhasil diamankan oleh pihak FBI, diantaranya adalah paket yang dikirim kepada mantan Presiden Barack Obama serta aktor Robert De Niro. Di sebuah konferensi pers, Jaksa Agung Jeff Sessions mengatakan Sayoc dijerat dengan lima dakwaan federal. Jika terbukti bersalah, dia bisa mendekam di penjara hingga 48 tahun. Diberitakan juga bahwa Sayoc sudah mempunyai banyak catatan kriminal. Dia juga pernah ditahan atas ancaman bom di Miami-Dade County pada 2002 dan mendapat hukuman satu tahun masa percobaan. 

Selain itu, pria yang dikabarkan pernah menjadi penari erotis itu juga pernah ditangkap atas kasus pencurian dan kekerasan rumah tangga. Dia diketahui merupakan pendukung setia Presiden Donald Trump. Di akun media sosialnya yang disita FBI, tampak Sayoc memenuhi akunnya dengan gambar presiden Trump. Di Facebook, Sayoc mengunggah foto dirinya yang mengenakan topi motto kampanye Trump Make America Great Again, dan hadir dalam kampenyenya di Florida. 

Saat Trump berulang tahun pada 14 Juni lalu, Sayoc diketahui mengunggah ucapan selamat serta terima kasih atas jasanya selama ini. "Selamat ulang tahun kepada Panglima Tertinggi. Terima kasih atas kerja keras Anda. Tetaplah bekerja keras untuk membangun tembok yang indah itu," katanya dalam unggahannya. 

Tembok yang dimaksud dalam unggahan Sayoc merupakan tembok di perbatasan AS-Meksiko, dan menjadi kampanye utama Trump di mana dia berjanji menutup pintu AS bagi migran ilegal. Sayoc juga pernah bekerja sebagai sopir truk bagian pengiriman sebuah restoran pizza di Fort Lauderdale. Debra Gureghian, dan manajer di restoran itu mendeskripsikan Sayoc sebagai "orang gila". 

"Itu kata paling tepat untuk menggambarkan orang itu," ujarnya. Gureghian menjelaskan, dia selalu mendengar Sayoc mengeluh dan merasa marah baik kepada dunia, orang kulit hitam, Yahudi, hingga gay. Sayoc, kata Gureghian, tidak pernah berkata dia bakal membunuh mereka. Namun, dia selalu menyatakan Yahudi maupun kulit hitam tak akan ada jika dia berkuasa. "Dia sangat, sangat aneh," beber Gureghian. Sayoc juga sering mendeskripsikan dirinya sebagai pemain sepak bola hingga pegulat amatir.

CR7 Pamer Arloji Baru Senilai Puluhan Miliar


Seakan tak cukup dengan hanya membawa kemenangan untuk Juventus dalam pertandingan melawan Manchester United, Cristiano Ronaldo pun memberikan kejutan lagi dengan arloji yang dikenakan. Diketahui bahwa arloji mantan bintang MU dan Real Madrid itu seharga puluhan miliar Rupiah. 

Dilansir oleh laman the Sun, Ronaldo yang kerap dikenal dengan CR7 membeli arloji bertahta berlian tersebut dengan harga mencapai 1,2 juta poundsterling atau sekitar Rp 23,4 miliar. Arloji itu ia tunjukkan ketika sesi konferensi pers menjelang laga emosional antara MU vs Juventus. 

Jam tangan yang disebut-sebut sebagai koleksi terbaru bintang Portugal tersebut dikabarkan adalah garapan Franck Muller, salah satu merek arloji asal Swiss yang mendunia. Arloji yang tampak dipakai di pergelangan tangan CR7 ini merupakan koleksi khusus Muller dengan tambahan 424 berlian putih. 

Selain Ronaldo, jam tangan ini dikabarkan juga pernah dibeli oleh rapper Wizkid pada bulan Juli lalu. Bagi Ronaldo, arloji ini boleh dibilang dianggapnya membuatnya naik ‘kelas’, di mana sebelumnya ia pernah terlihat mengenakan arloji senilai Rp 1,95 miliar dari Jacob & Co. Saat itu, CR7 pun diangkat sebagai brand ambassador bagi jam tangan tersebut.

#CrazyRichSurabayan Akan Difilimkan Dan Diceritakan Dalam Novel


Tagar #CrazyRichSurabayan yang sempat menjadi tren di akun sosial media Twitter pada pertengahan September lalu dikabarkan akan segera diangkat menjadi sebuah novel dan film bioskop. Tren tagar #CrazyRichSurabayan itu sendiri bermula dari sejumlah tweet seorang pengguna Twitter, Judith Tirza di akun @btara_durga yang merupakan mantan guru di Surabaya dan saat ini bekerja di Jakarta. 

Saat itu, ia membuat sebuah tweet yang menceritakan kekayaan warga Surabaya dengan segala kepolosan mereka. Misalnya beberapa contoh seperti iPad yang disebut "gamewatch", memeriksa kesehatan ke luar negeri yang dianggap biasa, mengundang kedai kopi ternama di halaman sekolah, dan sebagainya. Cerita-cerita itu kemudian menjadi viral dan ramai dibicarakan netizen di media sosial dengan tagar #CrazyRichSurabayan. 

Falcon Pictures menjadi rumah produksi yang tertarik untuk mengangkat kisah tersebut ke layar lebar. Namun, sebelum tayang di layar lebar, cerita tersebut rencananya akan dibukukan menjadi sebuah novel yang akan ditulis langsung oleh Judith. Di akun resmi sosial media Instagram @falconpictures_, Falcon Pictures mengunggah sebuah post mengenai rencana mengangkat #CrazyRichSurabayan dalam bentuk novel dan film. 

Tiga post itu telah diunggah pada Selasa, 23 Oktober 2018. "Coming Soon Novel & Film #CrazyRichSurabayan! Ini adalah kisah seorang guru yang banyak belajar dari para murid kecilnya. Mereka mungil. Mereka menggemaskan. Mereka kadang ajaib. Dan mereka KAYA," tulis akun itu dalam keterangan gambar. 

Melalui akun Twitter-nya, Judith Tirza juga menjelaskan rencananya dalam menulis #CrazyRichSurabayan menjadi sebuah novel. Ia mengaku tidak akan menulis kembali serangkaian twit yang viral itu. "Bukan tentang kekayaan mereka, tapi pengalaman sehari-hari saya mengajar mereka hingga pelajaran yang bisa saya ambil dari mereka di akhir saya mengajar. Buku ini nantinya sama sekali tidak berkorelasi dengan kekayaan keluarga mereka," tulis Judith di akun sosial media Twitter miliknya pada Rabu, 24 Oktober 2018 malam. 

Judith menyebutkan bahwa ia masih memikirkan judul yang akan ia ambil. Ia pun memastikan buku yang ia tulis nantinya tidak akan menggunakan "Crazy Rich Surabayan". Terkait dengan pernyataan Falcon Picture di Instagram @falconpictures_, yang menyebut akan segera meluncurkan film mengenai #CrazyRichSurabayan, Judith juga mengaku belum menandatangani kontrak kerja sama apa pun terkait film yang telah dipromosikan. "Falcon Pictures tertarik memfilmkan cerita  itu, tetapi buku itu sendiri masih dalam proses pembuatan dan saya belum menandatangani kontrak apa pun terkait film," ujar Judith.