Senin, 05 Maret 2018

5 cara untuk mengalahkan kesepian saat depresi terjadi


Agen Poker - Depresi adalah salah satu kondisi mental yang paling sulit ditangani, karena gejalanya bisa mengurangi keinginan dan energi kita untuk melakukan hal-hal yang biasanya kita sukai.

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun saat kita merasa lelah dan terjebak dalam kesepian, itulah saat yang tepat untuk mendorong diri kita melakukan sesuatu yang menggairahkan kita.

Kita harus melawan suara hati yang menghantui kita dan mengatakan kepada kita bahwa tidak ada yang bisa membuat kita merasa lebih baik. Ingatlah bahwa memberi energi negatif hanya akan memberi makan depresi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencerahkan suasana hati kita saat depresi datang, yang juga direkomendasikan oleh tim:

1. Baca buku, tonton film atau serial TV

Terkadang saat hidup terasa terlalu sulit, kita bisa mencari pelarian sementara di buku, film, atau serial TV yang sudah kita kenal. Membaca atau menonton pertunjukan yang menjelaskan setiap detail tentang proses berpikir, emosi, dan situasi yang kita alami bisa menghibur dan menenangkan. Tapi lebih baik jika kita memilih tema yang menghibur, mendorong dan mengingatkan kita bahwa ada hal lain yang harus dilakukan selain jatuh ke dalam depresi. Hindari tema yang suram dan gelap.

2. Bermain dengan hewan peliharaan

Studi telah menunjukkan bahwa interaksi dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental kita secara umum. Luangkan waktu dengan kucing peliharaan atau anjing Anda, atau kunjungi kucing terdekat atau kafe anjing jika ada. Jika tidak, carilah tempat penampungan hewan dan sukarela merawat hewan di sana.

3. Terlibat dalam forum online anonim, blog atau komunitas lokal

Tidak banyak orang yang bebas berbicara tentang kesehatan mental mereka. Jiwa yang tertekan, bagaimanapun, harus tahu bahwa mereka tidak sendiri dan mereka harus terus berjuang. Bergabung dengan forum online atau komunitas lokal akan membantu kita untuk menyadari bahwa banyak orang di seluruh dunia menderita kondisi yang sama. Pengetahuan akan membantu kita merasa kurang kesepian. Contoh forum online adalah Into the Light, Whisper (sebuah aplikasi yang layanannya telah memupuk jaringan pendukung di antara pengguna), IMAlive (jaringan online langsung yang menggunakan pesan instan untuk merespons orang yang sedang dalam krisis), Trevor Space ( sebuah organisasi AS yang memberikan intervensi krisis dan layanan pencegahan bunuh diri kepada orang muda lesbian, gay, biseksual, transgender dan questionues (LGBTQ) berusia 13-24), dan Healthful Chat (sebuah komunitas dukungan sebaya online).

4. Temukan terapis

Ini mungkin terdengar seperti nasihat menakutkan, namun memiliki seseorang yang mengerti dan bersedia untuk berkomunikasi sangat hebat. Ini bisa memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita dan kesehatan mental kita.

5. Panggil nomor darurat

Saat kita dalam keadaan darurat dan perlu berbicara dengan seseorang, jangan ragu untuk meminta bantuan. Ada garis yang didedikasikan untuk membantu orang dalam situasi yang berbeda dari usaha bunuh diri, masalah mental dan keadaan darurat lainnya.

Tercantum di sini adalah hotline darurat di Indonesia.

Darurat: 112

Pencegahan bunuh diri: +62 21 725 6526, 725 7826, 722 1810, 500 567

Konseling kesehatan mental oleh Kementerian Kesehatan: +62 21 500 454

Ingat, mencari pertolongan tidak berarti kita lemah.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih